oleh: Filzah S. Hartono, S.I.Kom

Selasa, 20 September 2016

Persepsi Komunikasi Organisasi

(Pertemuan 8 September 2016)

Redding dan Sanborn (1964)
Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks. Yang termasuk dalam bidang ini adalah komunikasi internal, hubungan manusia, hubungan persatuan pengelola, komunikasi downward, upward, atau horisontal.

Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss (1996)
Ciri utama komunikasi organisasional adalah faktor-faktor struktural dalam organisasi yang mengharuskan para anggotanya bertindak sesuai dengan peranan yang diharapkan.


----------------- (Perintah langsung)
- - - - - - - - - - (Koordinasi)

Organisasi formal : Masih terikat dengan tugas pada struktur organisasi
Organisasi informal : Tidak terikat pada tugas di struktur organisasi


Paradigma Komunikasi dan Organisasi

Paradigma Objektif
- Manusia tidak bebas berpendapat
- Realitas terstruktur atau sudah ada
- Lingkungan yang membentuk individu

Paradigma Subjektif
- Pemikiran manusia yang bebas
- Individu yang menciptakan lingkungan


Komunikasi organisasi terjadi dalam sebuah sistem terbuka yang kompleks. dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya, baik internal (budaya) maupun eksternal.

Komunikasi organisasi melibatkan manusia dan sikapnya, perasaan, hubungan, dan kemampuannya.

Komunikasi organisasi meliputi pesan dan alirannya, tujuan, arah, dan medianya.


(to be continued)

0 komentar:

Posting Komentar

belajar-ilmukomunikasi.blogspot.co.id. Diberdayakan oleh Blogger.

© Belajar Ilmu Komunikasi, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena